Definisi Curriculum

Definisi Curriculum

      Sederhananya, kurikulum adalah “plan untuk belajar” menurut Inglese.J dan Idzikowski. (2017) Kurikulum didefinisikan sebagai “jaringan kegiatan yang saling terkait dan disesuaikan” yang bekerja sama untuk mencapai hasil belajar tertentu. Pengembangan Kurikulum adalah proses multi-langkah, berkelanjutan, dan siklik yang bertujuan untuk merancang kurikulum yang efektif. Untuk beberapa departemen / unit proses dimulai setelah review program; untuk yang lain, minat mereka berasal dari pengakuan bahwa revitalisasi kurikulum mereka saat ini diperlukan atau program baru perlu dikembangkan.

    Mendefinisikan kata curriculum tidaklah mudah. Berdasarkan Colin J. M. (2004), mencatat definisi yang paling umum berasal dari akar kata Latin, yang berarti ‘racing’. Sebenarnya, bagi banyak siswa, kurikulum sekolah adalah perlombaan yang harus dijalankan, serangkaian rintangan atau hambatan (subjek) yang harus dilalui. Penting untuk diingat bahwa sekolah-sekolah di peradaban Barat telah sangat dipengaruhi sejak abad keempat SM oleh filsafat Plato dan Aristoteles dan bahwa kata kurikulum telah digunakan secara historis untuk menggambarkan subjek yang diajarkan selama periode klasik Peradaban Yunani. Interpretasi dari kata kurikulum diperluas pada abad ke-20 untuk mencakup topik selain klasik. Hari ini, dokumen sekolah, artikel surat kabar, laporan komite, dan banyak buku teks akademis mengacu pada setiap dan semua mata pelajaran yang ditawarkan atau diresepkan sebagai 'kurikulum sekolah.

      Konten Pendidikan Umum Kurikulum bahasa Inggris mencerminkan arah dasar yang diuraikan dalam kurikulum pendidikan umum Kementerian Pendidikan dan Pelatihan. Scott, D. (2001) mendefinisikan adalah makna yang paling luas, dan kurikulum mengacu pada program pengajaran dan pembelajaran yang terjadi dalam pengaturan formal. Contoh pengaturan formal adalah sekolah, perguruan tinggi dan universitas. Kurikulum dapat merujuk pada sistem, seperti dalam kurikulum nasional, sebuah lembaga, seperti di kurikuler sekolah, atau bahkan ke sekolah individu, seperti pada kurikular geografi sekolah.

      Pendidikan umum Kurikulum bahasa Inggris dirancang berdasarkan sistem tema dan topik yang terkait erat, berarti dan relevan dengan lingkungan belajar dan kehidupan siswa, relevan dengan pengembangan kompetensi komunikasi sesuai dengan tujuan kinerja yang ditentukan untuk setiap tingkat pendidikan. Menurut Mouraz, A & Fernandes, P. (2015) Kurikulum adalah kesatuan fakta dan ide. Jika aspek ide-ide kurikulum diabaikan atau dilarang secara buatan, semua mata pelajaran sekolah dan bahan-bahan belajar lainnya, sebagai fakta curriculum utama, pasti akan merosot menjadi "fakta mati" atau "kebenaran mati", yang merupakan beban dan hambatan untuk pengembangan kecerdasan dan moral siswa. Jika aspek fakta kurikulum ditolak, nilai-nilai dan pikiran curriculum akan kehilangan tubuh mereka dan menjadi kata-kata kosong. Jadi, untuk menjaga fakta dan gagasan terhubung dan bersatu diperlukan untuk penerapan nilai-nilai kurikulum.

      Berdasarkan beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa kurikulum adalah rencana belajar atau perangkat yang berisi materi pengajaran dan pengalaman belajar yang diprogram, direncanakan dan dirancang secara sistematis berdasarkan norma yang berlaku dan digunakan sebagai pedoman dalam proses belajar bagi staf pendidikan dan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan maksimum.

INFO DAN FILE LENGKAPNYA KLIK DI SINI ATAU HUB 085398507498

TERSEDIA JUGA DI CHANNEL YOU TUBE PEJUANG SKRIPSI



Postingan terkait: