8 Langkah dan Trik Jitu Menemukan Judul Skripsi Menarik dan Cepat di ACC Dosen Pembimbing

8 Langkah dan Trik Jitu Menemukan Judul Skripsi Menarik dan Cepat di ACC Dosen Pembimbing

Ketika mengajukan judul skripsi pada dosen pembimbing TA, banyak mahasiswa yang merasa deg-degan karena takut ditolak atau dikritik keras.

"Namun sejatinya penolakan judul atau kritikan yang diberikan dosen semata diperuntukkan bagi kelancaran proses pengerjaan skripsi Anda,".

Untuk membantu Anda, berikut ini beberapa tips memilih judul skripsi yang bisa Anda terapkan.

1) PIKIRKAN MATERI KULIAH MENARIK YANG SUDAH DIPELAJARI SEBELUMNYA

Pertama, pilihlah judul skripsi yang sesuai dengan minat dan materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Ini akan memudahkan proses pengerjaan skripsi hingga akhir.

2) RAJIN KE PERPUSTAKAAN MEMBACA SKRIPSI TERDAHULU

Luangkan waktu untuk membaca skripsi dari alumni terdahulu di perpustakaan. kamu bisa mendapatkan inspirasi judul skripsi yang menarik dan bahkan mengembangkan judul yang sudah ada sebelumnya.

3) MINTALAH MASUKAN DARI KAKAK TINGKAT YANG TELAH BERHASIL MENYELESAIKAN SKRIPSINYA

Jangan lewatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan kakak tingkat atau kating terkait skripsimu. Mereka bisa memberikan masukan berharga dan membuka peluang untuk melakukan penelitian lanjutan.

4) DISKUSIKAN IDE-IDE CEMERLANGMU KEPADA DOSEN PEMBIMBING

Berdiskusilah dengan dosen pembimbing mengenai ide-ide cemerlangmu. Jangan malas untuk melakukan bimbingan dan diskusikan kendala yang kamu hadapi dalam pengerjaan skripsi. Dosen pembimbing akan membantu memilih judul skripsi yang cocok untuk dikembangkan.

5) PERBANYAK MEMBACA JURNAL

Alokasikan waktu untuk membaca jurnal guna memperluas wawasan. Membaca jurnal lama dapat mengembangkan penelitian sebelumnya menjadi judul skripsi baru yang menarik. Dengan membaca jurnal, kamu akan menemukan problem yang perlu diselesaikan dan menjadikannya judul skripsi.

6) CARI DARI SUMBER ILMIAH YANG AKURAT

Pastikan untuk mencari inspirasi judul skripsi dari sumber-sumber karya ilmiah yang ada di internet maupun buku. "Dari sekian banyak karya ilmiah yang Anda baca, pasti ada beberapa yang memunculkan ide untuk mengerjakan judul skripsi,"

7) PERKAYA WAWASAN DENGAN IKUT SEMINAR

Memperoleh inspirasi judul skripsi memang harus dilakukan dengan melakukan banyak hal. "Contohnya yaitu dengan mengikuti seminar keilmuan, workshop, dan lain sebagainya,". Pembicaraan ilmiah yang dilakukan dengan para ahlinya tentu bisa memunculkan ide tersendiri untuk pengerjaan judul tugas akhir.

8) BANYAK IKUT PROYEK PENELITIAN DOSEN

Salah satu sumber ilmu dan informasi yang terbaik di dunia perkuliahan adalah dosen. "Anda bisa 'mendekatkan' diri pada dosen-dosen tertentu untuk mendapatkan informasi terkait cara ampuh merumuskan judul skripsi yang menarik dan sangat akurat," Pastikan untuk ikut proyek penelitian dosen agar nantinya Anda terbiasa membaca karya ilmiah dan terlibat langsung dalam proses pembuatan karyanya.

Itulah 8 tips jitu mencari judul skripsi menarik dan cepat di ACC dosen pembimbing yang dapat kamu praktikkan.

Semoga berhasil!



Postingan terkait: